VERTIKAL
glClearColor (0.9f, 0.1f, 0.1f,
1.2f);
[ Untuk memilih warna yang
digunakan ]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); [ Untuk membersihkan layar latar belakang ]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); [ Untuk membersihkan layar latar belakang ]
glPushMatrix ();
[
Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian
luar]
glClearColor(1,1,1,0); [ Untuk menentukan warna garis/titik ]
glColor3f(1,1,1); // [ Untuk menentukan warna garis/titik ]
glClearColor(1,1,1,0); [ Untuk menentukan warna garis/titik ]
glColor3f(1,1,1); // [ Untuk menentukan warna garis/titik ]
glBegin(GL_LINES);
[
Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,-0.0); [Untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glVertex3f(0.0,130.0,0.0); [Untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
/////////////////////////////////
glVertex3f(0,0,-0.0); [Untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glVertex3f(0.0,130.0,0.0); [Untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
/////////////////////////////////
glEnd ();
[
Untuk mengakhiri gambar garis di titik akhir ]
glPopMatrix (); [ Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar ]
glPopMatrix (); [ Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar ]
SwapBuffers (hDC);
[
Digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar ]
Sleep (1);
}
}
Sleep (1);
}
}
LOGIKA :
Pada pembuatan garis VERTIKAL pemahaman tentang garis pada line bagian “glvertex3f” harus sedikit di fokus dan di beri perhatian yang lebih,dicoding program ini sebuah garis dibuat dengan koordinat yang kita tentukan dan koordinat untuk pembuatan garis yang sesuai dengan fungsi yang kita gunakan. dan setelah coding dibuat kita tinggal tekan F9 untuk compile dan run lalu jendela untuk open GL sample pun keluar dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis vertikal.
Pada pembuatan garis VERTIKAL pemahaman tentang garis pada line bagian “glvertex3f” harus sedikit di fokus dan di beri perhatian yang lebih,dicoding program ini sebuah garis dibuat dengan koordinat yang kita tentukan dan koordinat untuk pembuatan garis yang sesuai dengan fungsi yang kita gunakan. dan setelah coding dibuat kita tinggal tekan F9 untuk compile dan run lalu jendela untuk open GL sample pun keluar dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis vertikal.
HORIZONTAL
glClearColor (0.1f, 0.1f, 0.9f, 0.9f);
[ Untuk memilih warna yang digunakan
]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); [ Untuk membersihkan layar latar belakang ]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); [ Untuk membersihkan layar latar belakang ]
glPushMatrix ();
[
Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar ]
glClearColor(1,1,1,0); [ Untuk menentukan warna garis/titik ]
glColor3f(1,1,1); // [ Untuk menentukan warna garis/titik ]
glClearColor(1,1,1,0); [ Untuk menentukan warna garis/titik ]
glColor3f(1,1,1); // [ Untuk menentukan warna garis/titik ]
glBegin(GL_LINES);
[
Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,-0.0); [ Untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glVertex3f(0.9,0.0,0.0); [Untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
/////////////////////////////////
glVertex3f(0,0,-0.0); [ Untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glVertex3f(0.9,0.0,0.0); [Untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
/////////////////////////////////
glEnd ();
[
Untuk mengakhiri gambar garis di titik akhir ]
glPopMatrix (); [ Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar ]
glPopMatrix (); [ Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar ]
SwapBuffers (hDC);
[
Digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi
buffer layar
]
Sleep (1);
}
}
Sleep (1);
}
}
LOGIKA :
Pada pembuatan garis DIAGONAL hampiir mirip
dengan VERTIKAL, pemahaman tentang garis pada line bagian
“glvertex3f” harus sedikit di fokus dan di beri perhatian
yang lebih,dicoding program ini sebuah garis dibuat dengan koordinat
yang kita tentukan dan koordinat untuk
pembuatan garis yang sesuai dengan fungsi yang kita gunakan. dan
setelah coding dibuat kita tinggal tekan F9 untuk compile dan run lalu jendela
untuk open GL sample pun keluar dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis
horizontal.
DIAGONAL
glClearColor (9.1f, 0.1f, 0.1f, 0.1f);
[ Untuk memilih warna yang
digunakan ]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); [ Untuk membersihkan layar latar belakang ]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); [ Untuk membersihkan layar latar belakang ]
glPushMatrix ();
[
Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar ]
glClearColor(1,1,1,0); [ Untuk menentukan warna garis/titik ]
glColor3f(1,1,1); // [ Untuk menentukan warna garis/titik ]
glClearColor(1,1,1,0); [ Untuk menentukan warna garis/titik ]
glColor3f(1,1,1); // [ Untuk menentukan warna garis/titik ]
glBegin(GL_LINES);
[
Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,-0.0); [ Untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glVertex3f(0.9,0.9,0.0); [Untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
/////////////////////////////////
glVertex3f(0,0,-0.0); [ Untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glVertex3f(0.9,0.9,0.0); [Untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
/////////////////////////////////
glEnd ();
[
Untuk mengakhiri gambar garis di titik akhir]
glPopMatrix (); [ Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar ]
glPopMatrix (); [ Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar ]
SwapBuffers (hDC);
[
Digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar ]
Sleep (1);
}
}
Sleep (1);
}
}
Logika :
Pada pembuatan garis DIAGONAL pemahaman tentang
garis pada line bagian “glvertex3f” harus sedikit di fokus dan di beri perhatian
yang lebih,dicoding program ini sebuah garis dibuat dengan koordinat
yang kita tentukan dan koordinat untuk
pembuatan garis yang sesuai dengan fungsi yang kita gunakan. dan
setelah coding dibuat kita tinggal tekan F9 untuk compile dan run lalu jendela
untuk open GL sample pun keluar dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis
diagonal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar