Definisi
Telematika
Telematika
merupakan adopsi dari bahasa Prancis yang sebenarnya adalah “Telematique” yang
kurang lebih dapat diartikan sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi
dengan teknologi informasi. Telematika kemudian merujuk pada perkembangan
konvergensi antara teknologi telekomunikasi, media dan informatika. Sehingga
sering dikatakan bahwa telematika merupakan kependekan dari TELEkomunikasi, MultimediA
dan informaTIKA.
Para
praktisi mengatakan bahwa Telematics merupakan perpaduan dari dua kata
yaitu dari “Telecommunication and Informatics” yang merupakan perpaduan
konsep Computing and Communication. Istilah telematika juga dikenal
sebagai “the new hybrid technology” karena lahir dari perkembangan
teknologi digital. Dalam wikipedia disebutkan bahwa Telematics juga sering
disebut dengan ICT (Information and Communications Technology).
Istilah telematika
sering dipakai untuk beberapa macam bidang spesifik , sebagai contoh adalah:
·
Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu
yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan
menggunakan peralatan telekomunikasi.
·
Secara umum,
istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi /
Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari
komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
·
Secara lebih spesifik,
istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalu lintas (road
vehicles dan vehicle telematics)
Perkembangan
Telematika
Perkembangan
telematika saat ini telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Pada segi
hardware, telah banyak bermunculan produk-produk IT muktahir yang lebih kecil,
cepat dan efisien dengan format-format unik yang berbeda. Misalnya saja
teknologi perakitan prosesor yang sudah bisa memfrabikasi hingga ukuran 40nm,
telepon selular dengan koneksi wifi, notebook dengan ukuran lebih kecil
sehingga memudahkan keleluasaan mobilitas bagi penggunanya serta yang tidak
kalah penting adalah tersedianya akses hotspot dimana-mana sehingga hampir
setiap orang dapat mengaksesnya. Selain akses point dimana-mana, saat ini
masyarakat pun bisa dengan mudah mengakses internet dari rumah maupun kantor
dengan jaringan broadband yang disediakan oleh bermacam-macam penyedia jasa
internet. Murahnya jasa penyedia layanan internet pun menjadikan perkembangan
telematika semakin cepat. Untuk kasus di Indonesia, perkembangan
telematika mengalami tiga periode berdasarkan fenomena yang terjadi di
masyarakat. Pertama adalah periode rintisan yang berlangsung akhir tahun
1970-an sampai dengan akhir tahun 1980-an. Periode kedua disebut pengenalan,
rentang wktunya adalah tahun 1990-an, dan yang terakhir adalah periode
aplikasi. Periode ketiga ini dimulai tahun 2000.
Periode
Rintisan
Memasuki
tahun 1980-an, perubahan secara signifikanpun jauh dari harapan. Walaupun
demikian, selama satu dasawarsa, learn to use teknologi informasi,
telekomunikasi, multimedia, mulai dilakukan. Jaringan telpon, saluran televisi
nasional, stasiun radio nasional dan internasional, dan komputer mulai dikenal
di Indonesia, walaupun penggunaannya masih terbatas.
Periode
Pengenalan
Periode
satu dasawarsa ini, tahun 1990-an, teknologi telematika sudah banyak digunakan
dan masyarakat mengenalnya. Jaringan radio amatir yang jangkauannya sampai ke
luar negeri marak pada awal tahun 1990. hal ini juga merupakan efek kreativitas
anak muda ketika itu.
Periode
Aplikasi
Awal
era millennium inilah, pemerintah Indonesia serius menanggapi perkembangan
telematika dalam bentuk keputusan politik, selanjutnya, teknologi mobile phone
begitu cepat pertumbuhannya. Bukan hanya dimiliki oleh hampir seluruh lapisan
masyarakat Indonesia, fungsi yang ditawarkan terbilang canggih. Muatannya antara
1 Gigabyte, dapat berkoneksi dengan internet juga stasiun televisi, dan
teleconference melalui 3G. Teknologi komputer demikian, kini hadir dengan skala
tera (1000 Gigabyte), multi processor, multislot memory, dan jaringan internet
berfasilitas wireless access point. Bahkan, pada cafe dan kampus tertentu,
internet dapat diakses dengan mudah, dan gratis.
Penerapan
Telematika
E-goverment (contoh :
depok.go.id)
E-goverment dihadirkan
dengan maksud untuk administrasi pemerintahan secara elektronik. Di Indonesia
ini, sudah ada suatu badan yang mengurusi tentang telematika, yaitu Tim
Koordinasi Telematika Indonesia (TKTI). TKTI mempunyai tugas mengkoordinasikan
perencanaan dan mempelopori program aksi dan inisiatif untuk menigkatkan
perkembangan dan pendayagunaan teknologi telematika di Indonesia, serta
memfasilitasi dan memantau pelaksanaannya.
E-commerce (contoh :
bhinneka.com)
Prinsip e-commerce tetap
pada transaksi jual beli. Semua proses transaksi perdagangan dilakukan secara
elektronik. Mulai dari memasang iklan pada berbagai situs atau web, membuat
pesanan atau kontrak, mentransfer uang, mengirim dokumen, samapi membuat claim.
Luasnya wilayah e-commerce ini, bahkan dapat meliputi perdagangan
internasional, menyangkut regulasi, pengiriman perangkat lunak (soft ware),
erbankan, perpajakan, dan banyak lagi. E-commerce juga memiliki istilah lain
yaitu e-bussines. Contoh dalam kawasan ini adalah toko online, baik itu toko
buku, pabrik, kantor, dan bank (e-banking). Untuk yang disebut terakhir, sudah
banyak bank yang melakukan transaksi melaluimobile phone, ATM (Automatic Teller
Machine – Anjungan Tunai Mandiri) , bahkan membeli pulsa.
E-learning (contoh :
cai.elearning.gunadarma.ac.id)
Di Indonesia sudah
berkembang pendidikan terbuka dengan modus belajar jarah jauh (distance
lesrning) dengan media internet berbasis web atau situs. Kenyataan tersebut
dapat dimungkinkan dengan adanya teknologi telematika, yang dapat menghubungkan
guru dengan muridnya, dan mahasiswa dengan dosennya. Melihat hasil perolehan
belajar berupa nilai secara online, mengecek jadwal kuliah, dan mengirim naskah
tugas dapat dilakukan.
Trend
Telematika Kedepan
Seiring
berkembangnya kemajuan teknologi yang semakin pesat, mengharuskan masyarakat
untuk bisa mengikuti perkembangan teknologi yang telah ada. Mengenai trend ke
depan Telematika, itu merupakan kebebasan individu untuk mengembangkan dan
menjadikannya sebagai suatu trend (walau sesaat) di dalam masyrakat. Yang pasti
dalam proses perkembangannya harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab dan
tidak melanggar norma-norma yang berlaku di masyarakat. Sehingga tidak
merugikan pihak lain dan tidak menguntungkan diri sendiri (egois). Sehingga
trend ke depan telematika dapat menjadi suatu trend yang dapat diterima dan
dinikmati oleh seluruh masyarakat, baik dari kalangan atas maupun dari kalangan
bawah.
Pemanfaatan
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) juga tidak akan kalah dengan
perkembangan TIK saat ini. Perangkat komputasi berskala terabyte, penggunaan
multicore processor, penggunaan memory dengan multi slot serta peningkatan
kapasitas harddisk multi terabyte akan banyak bermunculan dengan harga yang
masuk akal. Komputasi berskala terabyte ini juga didukung dengan akses wireless
dan wireline dengan akses bandwidth yang mencapai terabyte juga. Hal ini
berakibat menumbuhkan faktor baru dari perkembangan teknologi. Antarmuka pun
sudah semakin bersahabat, lihat saja software Microsoft, desktop UBuntu,
GoogleApps, YahooApps Live semua berlomba menampilkan antarmuka yang terbaik
dan lebih bersahabat dengan kecepatan akses yang semakin tinggi. Hal ini
ditunjang oleh search engine yang semakin cepat mengumpulkan informasi yang
dibutuhkan oleh penggunannya. Pada akhirnya, era robotik akan segera muncul.
Segenap mesin dengan kemampuan adaptif dan kemampuan belajar yang mandiri sudah
banyak dibuat dalam skala industri kecil dan menengah, termasuk di tanah air.
Jadi, dengan adanya teknologi manusia akan terus berkembang sehingga akan ada
harapan-harapan tentang masa depan yang lebih baik.
Ada
lima kelompok industry yang berperan besar dalam perkembangan trend telematika
ke depan, diantaranya:
1. Infrastruktur
Telekomunikasi (biasanya resiko bisnis paling besar)
2. Infrastruktur Internet
(biasanya resiko bisnis sedang & rendah)
3. Hosting service
(biasanya resiko bisnis rendah)
4. Transaction type
service (biasanya resiko bisnis rendah)
5. Content / knowledge
producer (biasanya resiko bisnis rendah)
Istilah telematika sering
dipakai untuk beberapa macam bidang, sebagai contoh adalah:
- Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
- Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
- Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).
Bidang Bidang yang
terkait
a. E
- Government
E-goverment merupakan
pemanfaatan telematika dalam bidang pemerintahan. Dalam e-goverment telematika
lebih kepada membantu dalam konteks pembangunan. Baik negara maju maupun
berkembang, telematika digunakan dalam beberapa sektor seperti menurunkan biaya
untuk mengakses informasi, berkomunikasi dan melaksanakan berbagai kegiatan
transportasi.
b. E
- Commerce
E-commerce mungkin sangat
tak asing ditelinga, e-commers merupakan salah satu pemanfaatan telematika yang
paling banyak digunakan, atau bisa disebut sedang hangat-hangat nya. E-commers
merupakan bidang perdagangan/ penjualan , seperti jualan online, baik melalui
blog, wensite pribadi ataupun melalui jejaring sosial, melalui twitter,
facebook, dan lain-lain. Dengan e-commerce pembeli dan penjual tak harus
bertemu face to face seperti penjual dan pembeli di pasar, misalnya, dengan
begini jarak dan waktu tak lagi menjadi penghalan untuk melakukan suatu
transaksi.
c. E
- Learning
E-learning merupakan
singkatan dari Elektronic Learning, merupakan cara baru dalam proses belajar
mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem
pembelajarannya. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari
perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. E-learning dalam arti luas bisa
mencakup pembelajaran yang dilakukan di media elektronik (internet) baik secara
formal maupun informal. E-learning secara formal misalnya adalah pembelajaran
dengan kurikulum, silabus, mata pelajaran dan tes yang telah diatur dan disusun
berdasarkan jadwal yang telah disepakati pihak-pihak terkait (pengelola
e-learning dan pembelajar sendiri).
Perangkat
Pendukung
Perangkat yang dibutuhkan
dalam telematika pada dasaranya sama yaitu : 1). hardware yang berupa perangkat
pengirim/penerima data, 2). jaringan sebagai transmitor data yang biasanya
menggunakan jaringan seluler (HP), jaringan Satelit, jaringan Siaran Radio/TV,
jaringan Titik Akses dan lainnya, dan 3). Software yang akan mengkonfersi
gelombang analog kedalam digital. Dalam penerapannya perangkat – perangkat
tersebut bergantung dengan kebutuhan masing – masing bidang penerapan. Seperti
pada video conference yang merupakan layanan komunikasi video dan audio secara
real time yang membutuhkan LCD Proyektor 7 9, Printer LazerJet/DeskJet/BubleJet
25 30, Ploter 1 1, Scanner 4 5, Digitizer sebagai hardware. Sedangkan pada
aplikasi Berbasis Web, diperlukan komputer sebagai hardware, dan jaringan
client server sebagai transmitor serta software (OS, aplikasi java) sebagai
software.
a. Jaringan
Telepon
Jaringan Telepon dapat
digunakan sebagai penghubung antara titik penerima satu dengan titik pnerima
yang lain. Dewasa ini penggunaan jaringan telepon dapat dimodifikasikan
pemakainnya secara bersamaan dalam aplikasi transaksi contohnya aplikasi transaksi
Perbankan melalui ponsel. Selain itu Jaringan Telepon ini juga dapat digunakan
untuk berfungsi sebagai teleconference yang dapat digunakan dengan menggunakan
jaringan televisi.
b. Jaringan
Televisi
Jaringan yang dapat
memberikan informasi yang berupa gambar, multimedia dan suara. Pada awalnya
Televisi dapat dikatakan dengan suatu perangkat komunikasi yang hanya berupa
simplex duplex namun sering denganberkembangnya kemajuan teknologi dapat
dikembangkan penggunaannya dengan menggunakan jaringan telepon, Komputer dan
Internet.
c. Internet
Jaringan yang dapat
menghubungkan antara computer satu dengan computer lainnya yang berada dalam
wilayah yang cukup luas bahkan mencakup suatu Negara. Pada awalnya internet
digunakan sebatas untuk mengirim e-mail namun sering dengan berkembangnya
teknologi Komputer baik dari segi perangkat keras maupun perangkat lunak.
Internet tidak hanya sebatas dalam membuat e-mail melainkan dapat dikembangkan
dengan membuat suatu sistem Informasi. Baik berupa transaksi online, maupun
berupa e-learning .
Keuntungan
dan Kerugian
Setiap perubahan tentu
menpunyai dampak baik dipandang dari segi positif maupun dari sis negatifnya
tentunya itu semua perlu di atasi guna memberikan manfaat yang sebaik-baiknya
untuk kepentingan yang positif.
Dampak positif
(keuntungan) dari perkembangan telematika antara lain :
1. Kemudahan dalam
memperoleh Informasi secara cepat.
Informasi yang diperoleh
dapat bersifat real time artinya pada saat itu juga. Selain itu informasi yang
diinginkan dapat diperoleh secara langsung pada sumbernya sehingga mengurangi
adanya distorsi informasi.
2. Transparasi dalam
Informasi
Informasi dapat diketahui
siapa saja karena adanya keterbukaan.
3. Kemudahan dalam
memperoleh data
Dengan adanya
perkembangan telematika kita dapat memperoleh data dan Informasi dari berbagai
sumber, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.
4. Penghematan Waktu
Orang tidak perlu lagi
mengorban waktu untuk mengantri lama dalam melakukan transaksi keuangan tetapi
cukup dengan melakukan transaksi melalui internet atau ponsel genggam.
Disamping itu terdapat
juga kerugian dalam kemajuan teknologi telematika antara lain:
a. Adanya
cyber crime yaitu mengkloning data, menyadap data , mengubah data tanpa seizin
pemilik data.
b. Hal
ini tentunya harus diwaspadai karena dapat menrugikan pihak-pihak yang sering
melakukan transaksi on-line. Sehingga Pihak dari Penyedia jasa tersebut
sebaiknya menyediakan sekuritas yang aman bagi pengguna jasa jaringan tersebut.
DAFTAR PUSTAKA :
http://aptika.kominfo.go.id/index.php/artikel/65-telematika-dan-informatika-di-indonesia
http://garrybriyant.blogspot.co.id/2015/10/teknologi-telematika-saat-ini.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar