Selasa, 07 Januari 2014

pengalaman organisasi

A. Pengertian Organisasi Organisasi adalah sekumpulan atau beberapa orang yang melakukan sesuatau hal untuk tujuan tertentu. Pengertian Organisasi menurut para ahli : 1. Menurut Stoner, Organisasi adalah : suatu pola hubungan orang – orang yang ada dibawah pengawasan dan pengarahan atasan untuk mengejar tujuan yang sama. 2. Menurut Stephen P Robbins, Organisasi adalah : merupakan kesatuan sosial yang dikoordinasikan secara sadar dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasikan dan bekerja atas dasar yang relative terus menerus untuk mencapai tujuan bersama. B. Syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi dalam suatu organisasi : • Adanya struktur atau jenjang jabatan, kedudukan yang memungkinkan semua individu dalam organisasi memiliki perbedaan posisi yang jelas. Seperti pemimpin, staf pimpinan dan karyawan. • Dalam sebuah organisasi ada pembagian kerja. Artinya ,setiap individu dalam institusi, baik yang sifatnya komersial atau maupun yang social, memilik satu bidang pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya. Pengalaman organisasi. Pengalaman organisasi yang saya alami mungkin hampir sama juga seperti pengalaman-pengalaman orang-orang lainnya. Beda nya organisasi yang pernah saya alami disekolah pada saat waktu itu sangat berpatut pada SENIORITAS. Organisasi yang pernah saya jalani waktu semasa disekolah SMK saya mengikuti OSIS dan PASKIBRA, kedua organisasi tersebut adalah organisasi yang paling berpatut sekali pada keSENIORITASAN disekolah saya, antara junior maupun senior itu benar benar sangat dibedakan. Sebelum saya resmi menjadi anggota OSIS disekolah saya, saya harus melalui beberapa proses . ibaratnya ya seperti di Ospek harus memakai baju kaos putih polos, celana olahraga, rambut dikuncir, membuat kartu nama yangg dikalungin, setelah dikerjain dan ditanya-tanya alasan masuk osis sama seniornya akhirnya kita semua peserta calon osis pun diseleksi oleh seniornya untuk dipilih masuk dalam keanggotaan osis… setelah saya sudah menjadi anggota osis saya di ajarkan oleh senior saya untuk menjadi anggota osis yang baik dan aktif dalam menangani ekstrakulikuler dan kegiatan-kegiatan disekolah. Menjadi anggota osis di tingkat SMA/SMK itu beda pada saat di masa tingkat SMP, ditingkat SMA/SMK itu lebih diajarkan disiplin dan kebersamaan dalam organisasi. Semasa saya mengikuti OSIS banyak sekali pengalaman dan pelajaran yg saya dapatkan dari OSIS, dari mulai menangani masalah-masalah di OSIS, dan juga masalah-masalah yang terjadi pada ekstrakulikuler disekolah saya.   Tujuan saya masuk dalam organisasi OSIS itu adalah bagaimana tahu cara berorganisasi dalam lingkungan sekolah, untuk menambah pengalaman, untuk menambah teman, dan agar lebih disiplin lagi. Pengalaman yang saya dapat selama di OSIS itu sangat banyak dari membuat acara ulang tahun sekolah, acara 17 agustus, acara keagamaan, dan acara pentas seni. Didalam OSIS kita juga diajarkan cara membuat proposal untuk mengajukan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan, selain itu didalam OSIS juga kita diajarkan bagaimana cara untuk berani berbicara dimuka umum dan belajar menjadi seorang pemimpin. menjadi anggota OSIS memang ada senangnya dan ada tidak senangnya, senangnya ya kita bisa berkumpul dengan teman-teman untuk saling sharing ide yang ingin dibicarakan, mendapatkan kebersamaan dan pengalaman yang banyak. Sedangkan tidak senangnya didalam organisasi OSIS disekolah saya masih terpaku pada KESENIORITASAN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar