Minggu, 25 Oktober 2015

Graf. Komputer & Pengolahan Citra : Membuat Garis Menggunakan OpenGL


VERTIKAL
glClearColor (0.9f, 0.1f, 0.1f, 1.2f);                     [ Untuk memilih warna yang digunakan ]
 glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);               [ Untuk membersihkan layar latar belakang ]
 glPushMatrix ();                                                    [ Membuat baris kode menjadi tidak berlaku  untuk bagian luar]                                                          
 glClearColor(1,1,1,0);                                           [ Untuk menentukan warna garis/titik ]
 glColor3f(1,1,1); //                                                [ Untuk menentukan warna garis/titik ]
 glBegin(GL_LINES);                                            [ Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
 glVertex3f(0,0,-0.0);                                              [Untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
 glVertex3f(0.0,130.0,0.0);                                     [Untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
 /////////////////////////////////
 glEnd ();                                                                 [ Untuk mengakhiri gambar garis di titik akhir ]
 glPopMatrix ();                                                      [ Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar ]
 SwapBuffers (hDC);                                              [ Digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar ]
 Sleep (1);
 }
 }
 

LOGIKA :
Pada pembuatan garis VERTIKAL pemahaman tentang garis pada line bagian “glvertex3f” harus sedikit di fokus dan di beri perhatian yang  lebih,dicoding program ini sebuah garis dibuat dengan koordinat yang  kita tentukan dan   koordinat  untuk pembuatan garis yang  sesuai dengan fungsi yang kita gunakan. dan setelah coding dibuat kita tinggal tekan F9 untuk compile dan run lalu jendela untuk open GL sample pun keluar dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis vertikal.


HORIZONTAL
 glClearColor (0.1f, 0.1f, 0.9f, 0.9f);                   [ Untuk memilih warna yang digunakan ]
 glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);             [ Untuk membersihkan layar latar belakang ]
 glPushMatrix ();                                                 [ Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar ]
 glClearColor(1,1,1,0);                                        [ Untuk menentukan warna garis/titik ]
 glColor3f(1,1,1); //                                             [ Untuk menentukan warna garis/titik ]
 glBegin(GL_LINES);                                         [ Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
 glVertex3f(0,0,-0.0);                                          [ Untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
 glVertex3f(0.9,0.0,0.0);                                     [Untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
 /////////////////////////////////
 glEnd ();                                                             [ Untuk mengakhiri gambar garis di titik akhir ]
 glPopMatrix ();                                                  [ Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar ]
 SwapBuffers (hDC);                                          [ Digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer                                                                                                                                                                                                            layar ]

 Sleep (1);
 }
 }

LOGIKA :
Pada pembuatan garis DIAGONAL hampiir mirip dengan VERTIKAL,  pemahaman tentang garis pada line bagian “glvertex3f” harus sedikit di fokus dan di beri perhatian yang lebih,dicoding program ini sebuah garis dibuat dengan koordinat yang  kita tentukan dan  koordinat  untuk pembuatan garis yang  sesuai dengan fungsi yang kita gunakan. dan setelah coding dibuat kita tinggal tekan F9 untuk compile dan run lalu jendela untuk open GL sample pun keluar dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis horizontal.


DIAGONAL
glClearColor (9.1f, 0.1f, 0.1f, 0.1f);                   [ Untuk memilih warna yang digunakan ]
 glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);             [ Untuk membersihkan layar latar belakang ]
 glPushMatrix ();                                                  [ Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar ]
 glClearColor(1,1,1,0);                                         [ Untuk menentukan warna garis/titik ]
 glColor3f(1,1,1); //                                              [ Untuk menentukan warna garis/titik ]
 glBegin(GL_LINES);                                          [ Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]  
 glVertex3f(0,0,-0.0);                                            [ Untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
 glVertex3f(0.9,0.9,0.0);                                       [Untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
 /////////////////////////////////
 glEnd ();                                                               [ Untuk mengakhiri gambar garis di titik akhir]                       
glPopMatrix ();                                                     [ Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar ]
 SwapBuffers (hDC);                                            [ Digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar ]
 Sleep (1);
 }
 }
Logika :
Pada pembuatan garis DIAGONAL pemahaman tentang garis pada line bagian “glvertex3f” harus sedikit di fokus dan di beri perhatian yang  lebih,dicoding program ini sebuah garis dibuat dengan koordinat yang  kita tentukan dan   koordinat  untuk pembuatan garis yang  sesuai dengan fungsi yang kita gunakan. dan setelah coding dibuat kita tinggal tekan F9 untuk compile dan run lalu jendela untuk open GL sample pun keluar dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis diagonal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar